Berita-Berita DaerahJawa

August29
Semarang Masih Kekurangan Ruang Hijau
Friday, 29 August 2014 pukul 00.50 WIB  Kategori DaerahJawa

Semarang [SAPULIDI News] - Anggota DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono menilai selama ini Kota Atlas masih kekurangan ruang terbuka hijau, terutama taman yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik.

August25
Yogyakarta Diusulkan Jadi Kota Batik Dunia
Monday, 25 August 2014 pukul 01.05 WIB  Kategori DaerahJawa

Yogyakarta [SAPULIDI News] - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengusulkan Kota Yogyakarta untuk menjadi Kota Batik Dunia.

August22
Buku Kurikulum 2013 Dilarang Dijual Bebas
Friday, 22 August 2014 pukul 18.45 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta [SAPULIDI News] - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim menegaskan komersialisasi buku Kurikulum 2013 oleh pihak-pihak tertentu dengan menjualbelikan secara bebas merupakan pelanggaran hak cipta dan akan diselesaikan secara hukum.

August14
Hanya 1.000 pendaki boleh upacara di Semeru
Thursday, 14 August 2014 pukul 15.42 WIB  Kategori DaerahJawa

Lumajang (SAPULIDI News) - Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) membatasi sebanyak 1.000 pendaki yang boleh menggelar upacara bendera 17 Agustus 2014 di Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang-Malang, Jawa Timur.

"Kami menambah kuota pendaki yang naik ke gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu dari 500 menjadi 1.000 orang per hari, khusus untuk mereka yang akan menggelar upacara 17 Agustus," kata Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari, saat dihubungi dari Lumajang, Kamis.

Hampir setiap tahun jumlah pendaki yang menggelar upacara bendera 17 Agustus di gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut meningkat, namun pihak TNBTS tetap membatasi jumlah pendaki.

"Penambahan kuota pendaki tersebut hanya berlaku selama empat hari sejak hari ini hingga Minggu (17/8), selanjutnya kuota tetap dibatasi 500 orang per hari untuk menjaga ekosistem di kawasan setempat," tuturnya.

Menurut dia, jumlah pendaki yang mendaftar melalui sistem daring atau "online" di TNBTS cukup banyak, namun khusus untuk kegiatan upacara bendera 17 Agustus tidak bisa dilayani secara daring.

"Petugas di Pos Ranu Pani akan mencatat jumlah pendaki yang sudah naik ke Semeru setiap harinya. Apabila jumlahnya sudah mencapai 1.000 orang, maka pendaki tersebut harus menunggu hari berikutnya," paparnya.

Untuk itu, lanjut dia, TNBTS akan menyiagakan sebanyak 80 petugas dengan dibantu sekitar 70 personel gabungan yang terdiri dari SAR, BPBD, TNI, dan Polri di sepanjang jalur pendakian Semeru.

"Petugas akan melakukan patroli hingga Pos Kalimati untuk mengantisipasi pendaki yang nekat naik ke puncak Semeru karena batas pendakian hingga pos Kalimati sesuai rekomendasi PVMBG yang menyatakan status Gunung Semeru masih waspada," tuturnya.

Saat ini, kata dia, suhu udara di lereng gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang tersebut berkisar 0-5 derajat celcius, sehingga pendaki diharapkan membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup.

"Kami melarang pendaki menyalakan api unggun, meskipun cuaca cukup dingin karena angin cukup kencang dan bisa menyebabkan kebakaran di kawasan lereng Semeru," ucapnya.

Ayu mengimbau pendaki membawa sampahnya turun kembali karena pihak petugas akan memberikan tas sampah plastik yang berkapasitas 10 kilogram kepada pendaki yang akan naik ke Semeru.

"Tahun lalu, jumlah sampah yang dikumpulkan petugas pasca-Agustusan mencapai 2 ton karena banyaknya jumlah pendaki yang memadati jalur pendakian Semeru, sehingga tahun ini pendaki harus membawa sampahnya turun," ujarnya.

Sumber : ANTARA

August10
Akhir Bulan Ini Monorel Akan di Bangun di Bandung
Sunday, 10 August 2014 pukul 00.47 WIB  Kategori DaerahJawa

Bandung [SAPULIDI News] - Peluncuran pembangunan monorail Bandung Raya dari Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang, hingga Ngamprah di Kabupaten Bandung Barat akan di lakukan paling lambat akhir Agustus 2014, kata Asisten Bidang Perekonomian Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa.

July5
353.000 Warga Malang Tanpa Akte Kelahiran
Saturday, 05 July 2014 pukul 12.29 WIB  Kategori DaerahJawa

Malang [SAPULIDI News] - Sebanyak 353 ribu dari sekitar 853 ribu penduduk Kota Malang, Jawa Timur, tidak memiliki akta kelahiran, terutama warga yang berusia dewasa.

July5
Yang Tersisa Dari Dolly
Saturday, 05 July 2014 pukul 03.52 WIB  Kategori DaerahJawa

“Ada nggak perempuan miskin yang mau jadi pelacur?” kata Joris Lato.

July4
Banjir bandang landa sejumlah desa di Trenggalek
Friday, 04 July 2014 pukul 09.45 WIB  Kategori DaerahJawa

Trenggalek (SAPULIDI News) - Hujan deras yang terus mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dua hari terakhir telah menyebabkan sungai-sungai meluap dan mengakibatkan banjir bandang di sejumlah desa di daerah tersebut, mulai area hulu hingga hilir, Jumat.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam bencana musiman tersebut. Namun genangan air bah yang terus mengalir dengan ketinggian menyamai pinggul orang dewasa menyebabkan aktivitas sebagian warga lumpuh total.

Koresponden Antara di Trenggalek melaporkan, sebuah pasar tradisional di perbatasan Kecamatan Gandusari dan Kampak bahkan tak lagi bisa digunakan para pedagang untuk berjualan. Air bah menggenangi area pasar yang memiliki permukaan lebih rendah dari jalan raya, dan saat ini diperkirakan elevasi banjir terus meningkat seiring bertambahnya debit air kiriman dari Sungai Tawing.

"Banjir ini biasanya terus bergerak. Mungkin sejam-dua jam lagi banjir sudah pindah ke daerah Wonorejo dan Gandusari," kata Dimas, seorang warga di Kecamatan Gandusari.

Banjir serupa di daerah sama juga telah terjadi sehari sebelumnya akibat hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Trenggalek selatan yang memiliki topografi pegunungan, namun cepat surut.

Selain merendam sebagian pemukiman dan fasilitas umum di Desa Ngrayung, Kecamatan Gandusari, air bah dilaporkan juga mulai melanda desa-desa lain di bawahnya, seperti Desa Wonorejo, Sukorejo, serta Gandusari.

Puluhan hektare kebun warga dan area persawahan dilaporkan juga terendam, sehingga berpotensi merusak tanaman petani di daerah tersebut.

"Banjir bandang selalu melanda daerah sini setiap kali turun hujan deras di kawasan yang lebih tinggi (gunung dan perbukitan) sehingga menyebabkan debit air sungai meningkat tajam dan meluap ke permukiman," terang Santo, tokoh warga Desa Gandusari menjelaskan.

Sumber : ANTARA

June26
Kajian Lingkungan Terhadap Perusahaan di Cianjur Minim
Thursday, 26 June 2014 pukul 22.35 WIB  Kategori DaerahJawa

Cianjur [SAPULIDI News] - Kajian lingkungan dari perusahaan pertambangan baik logam dan non logam di Cianjur dinilai masih minim. Pengawasan dan evaluasi mengenai dampak lingkungan juga masih lemah dilakukan.

June26
Dahlan kecewa direktur BUMN golf pada hari kerja
Thursday, 26 June 2014 pukul 16.08 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta (SAPULIDI News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku kecewa mendapat laporan bahwa ada direktur utama perusahaan negara yang bermain golf pada hari kerja.

"Saya mendapat laporan ada Dirut BUMN yang masih golf pada hari kerja. Sudah ada imbauan, tapi masih melakukannya. Ya...terserah saja," kata Dahlan usai menggelar Rapat Pimpinan Kementerian BUMN di Gedung PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pejabat tersebut adalah direktur utama salah satu BUMN jasa keuangan non-bank yang belum lama ini mendapat pujian karena kinerja keuangannya bagus.

"Saya tidak sebut namanya. Tapi saya kecewa saja, pujian saya kepadanya seakan hilang karena perilakunya yang tidak baik," katanya.

Dahlan mengatakan bahwa dia tidak akan memecat pejabat tersebut karena yang bersangkutan segera mengundurkan diri.

"Surat mundur akan kami terima pekan ini, dan akan kami proses dan penuhi," ujarnya.

Ia menambahkan, sejatinya tidak ada larangan bagi pejabat BUMN untuk bermain golf. "Tapi main golf itu harus pada libur kerja, Sabtu atau Minggu. Kalau hari kerja itu namanya mengganggu kerja," ujarnya.

Pada akhir tahun 2013, Dahlan pernah memecat pejabat BUMN yang terbukti main golf pada hari kerja, yaitu direksi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

Sumber : ANTARA