Berita-Berita DaerahJawa

October22
Benarkah Lahan Pertanian di Kabupaten Bekasi Tersisa 38.371 Ha
Wednesday, 22 October 2014 pukul 11.09 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta Pusat [SAPULIDI News] - Lahan pertanian di Kabupaten Bekasi tersisa sebesar 38.371 hektar.

October10
Investasi PDAM di Indonesia
Friday, 10 October 2014 pukul 07.45 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta [SAPULIDI News] - Badan Pendukungan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) melaksanakan evaluasi terhadap standar kualitas dan kiberja pelayanan penyelenggaraan SPAM di Indonesia.

October2
Istiqlal tak bagikan hewan kurban di masjid
Thursday, 02 October 2014 pukul 12.39 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta (SAPULIDI News) - Panitia di Masjid Istiqlal tak membagikan hewan kurban kepada mustahiq atau orang yang berhak menerimanya di masjid pada Idul Adha 1435 H.

"Pola distribusi hewan kurban berubah total dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini tidak ada pembagian kurban menggunakan kupon di masjid," ujar Wakil Kepala Seksi Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, di Jakarta, Kamis.

Langkah tersebut diambil sebagai bentuk evaluasi dan antisipasi antrean berujung kericuhan hingga menelan korban jiwa yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Tentu kami tidak ingin kejadian serupa terulang sehingga tahun ini dipersiapkan lebih matang," katanya.

Ia menjelaskan, selain tidak membagikan kupon dan membagikan daging kurban di masjid, panitia juga tidak mencincang daging kurban seperti biasanya.

Namun, lanjut dia, potongan daging dicincang lebih besar ukuran dan beratnya untuk kemudian dibagikan ke masjid, yayasan maupun panti asuhan yang telah ditunjuk.

"Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan Minggu malam. Setelah dikuliti dan dicincang dengan potongan ukuran lebih besar, panitia mendatangi mustahiq, khususnya yang berada di kecamatan dekat dengan masjid," katanya.

Sampai saat ini, hewan kurban yang sudah tercatat untuk disembelih di masjid Istiqlal sudah 25 ekor sapi dan lima ekor kambing.

"Jumlah itu masih sementara dan bisa bertambah, belum termasuk hewan kurban dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden Boediono dan pejabat negara lain yang biasa berkurban melalui Istiqlal," kata Abu Hurairah.

Pada Idul Adha 1434 H atau 2013 M, hewan kurban di Istiqlal jumlahnya 47 ekor sapi dan delapan ekor kambing yang dibagikan ke lebih dari 10 ribu mustahiq.

Sementara itu, sebagai sosialisasi agar tidak ada warga yang mengantre dan berharap daging kurban dari Masjid Istiqlal, pihaknya akan memasang spanduk-spanduk pemberitahuan dan menyosialisasikannya ke jamaah.

Tiga regu tim keamanan internal masjid dibantu puluhan personel kepolisian dari Polres Jakarta Pusat beserta jajaran juga siap diturunkan untuk mengantisipasi pengamanan pada proses penyembelihan hewan kurban hingga pendistribusiannya.

Sumber : ANTARA

September17
Ribuan Hektar Sawah di Karawang Terancam Kekeringan
Wednesday, 17 September 2014 pukul 17.12 WIB  Kategori DaerahJawa

Karawang [SAPULIDI News] - Ribuan hektare areal persawahan di wilayah utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terancam kekeringan menyusul masuknya kemarau yang mengakibatkan berkurangnya suplai air di saluran irigasi. 

September15
Warga Kuningan Krisis Air
Monday, 15 September 2014 pukul 22.03 WIB  Kategori DaerahJawa

Kuningan [SAPULIDI News] - Kemarau berkepanjangan membuat sumur-sumur air warga Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kering sehingga mereka kini krisis air bersih. 

September12
Belajar Toleransi dari Situbondo
Friday, 12 September 2014 pukul 05.26 WIB  Kategori DaerahJawa

Situbondo [SAPULIDI News] - “18 tahun yang lalu tepatnya pada 1996 terjadi tragedi yang memalukan dam memilukan terjadi di Situbondo, saat itu ada pembakaran gereja sekabupaten Situbondo,” kenang Pimpinan Ponpes Ustad Mansyur Arif dalam program Agama dan Masyarakat KBR, Rabu (11/09).

September10
Setiap Rabu Wajib Bahasa Jawa di Kudus
Wednesday, 10 September 2014 pukul 13.54 WIB  Kategori DaerahJawa

Kudus [SAPULIDI News] - Setiap Rabu, semua pegawai di lingkungan pemerintah maupun lingkungan pendidikan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, wajib menggunakan bahasa Jawa.

September5
Konservasi Air Kalah Cepat dengan Laju Kerusakan
Friday, 05 September 2014 pukul 13.57 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta [SAPULIDI News] - Pakar hidrologi, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan upaya konservasi sumber daya air kalah cepat dengan faktor-faktor penyebab kerusakan sehingga permasalahan tersebut menyebabkan munculnya krisis air bersih di sejumlah kota besar.

September4
Jokowi dan Aher Teken MoU Pengembangan SPAM Jatiluhur
Thursday, 04 September 2014 pukul 17.43 WIB  Kategori DaerahJawa

Jakarta [SAPULIDI News] - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum pada hari ini menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama untuk pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) Jatiluhur untuk wilayah Jakarta, Bekasi, dan Karawang, di Balaikota Jakarta, Kamis (4/9/2014) pagi. 

August29
Semarang Masih Kekurangan Ruang Hijau
Friday, 29 August 2014 pukul 00.50 WIB  Kategori DaerahJawa

Semarang [SAPULIDI News] - Anggota DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono menilai selama ini Kota Atlas masih kekurangan ruang terbuka hijau, terutama taman yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik.